Tree Alstonia Scholaris/Pule/Pulai 3D Sketchup

Texturing dan Material

From Other
http://zdesigninfo.blogspot.com/
From Dian Maulidi
 https://www.facebook.com/nunu.core88?fref=ts
 
Texturing Mapping dr Klara Theresya

Tutorial texturing yg lain dari Sadyo Adhi
Material Wrapper .. Bayangan pd HDRI environment
https://www.facebook.com/yudisarchy?fref=ts

Khusus Vray 1.6 Beta

Ini berdasarkan percobaan sy semalam, cara membuat bayangan dr HDRI dengan bantuan Wrapper Material versi sy  (mungkin ada versi lain, hehehe)

1. Buka Vray material editor
2. Klik kanan ? Create Material ? pilih Vray Material
3. Pilih Vray Material tadi, Klik kanan terus Rename dgn nama "Wrapper IOR 1" (nama terserah :P)
4. Pilih di bagian Refraction, terus Refract nya kita ganti dengan warna putih (RGB 255,255,255)
5. Bagian IOR kita isi 1,0 (defaultnya 1,6)
6. Klik kanan ? Create Material ? pilih Wrapper Material
7. Pilih Wrapper Material tadi, Klik kanan terus Rename dgn nama "Wrapper" (nama terserah)
8. Base Material kita pilih material "Wrapper IOR 1" yg sudah kita buat sebelumnya
9. Centang Matte dan Shadow
10. Refraction ammount kita isi 0,0
11. kita buat plane dari Rectangle ? klik obyeknya ? buka material editor ? pilih Wrapper (wrapper material yg sudah kita buat td) ? klik kanan ? Apply Material to Selection

Material ini kita aplikasikan ke alas obyek yg akan kita render, agar dapat menghasilkan bayangan dari Lighting yg kita pakai tanpa terlihat alas di bawahnya.

Komentar